Welcome to MyNice Welcome to MyNice Welcome to MyNice Welcome to MyNice Welcome to MyNice Welcome to MyNice Welcome to MyNice

Sabtu, 19 Mei 2012

MANFAAT BUDI PEKERTI


MANFAAT BUDI PEKERTI
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Budi Pekerti adalah tingkah laku, akhlak, peringai dan watak.
Sebenarnya Budi Pekerti adalah nilai-nilai yang terkandung dalam diri setiap manusia, baik itu sifat yang baik maupun sifat yang buruk. Dampak dari sifat buruk dan baik yang dimiliki seseorang pasti mempunyai dampak yang jelas pada pribadi orang tersebut. Dalam hal ini, akan di bahas beberapa manfaat budi pekerti dengan sifat yang baik.
Manfaat budi pekerti dapat dirasakan disemua aspek kehidupan manusia. Jika sifat yang kita tunjukkan baik maka orang lain juga akan menilai kita baik. Hal kecil dalam budi pekerti yang baik dapat kita tunjukkan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya, memberi salam dan tersenyum ketika melewati orang yang kita kenal atau dengan orang yang kita tidak kenal sekalipun. Efek dari hal-hal kecil yang kita lakukan sangat memberi dampak positif.
Aspek-aspek kehidupan antara lain :
1.     Dalam keluarga
Keluarga merupakan wadah awal pembentukan budi pekerti dalam diri seorang anak. Banyak keluarga yang terpecah belah karena kurang adanya budi pekerti dalam keluarga tersebut. Dengan adanya budi pekerti yang baik, sifat menghargai, menghormati dan mengasihi antara anggota keluarga akan terbentuk. Nilai kepedulian yang sangat diperlukan juga akan terbentuk. Sehingga jika nilai budi pekerti ditanamkan didalam keluarga sejak dini, maka generasai Indonesia masa depan akan memiliki budi pekerti yang tinggi yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan bangsa.

2.     Dalam masyarakat
Masyarakat yang berahlak adalah masyarakat yang memiliki budi pekerti yang baik. Misalnya kepala desa yang bersikap jujur dan adil kepada masyarakat. Masyarakat akan lebih bersatu, suka bergotong royong, membantu sesama, bersikap dan berpakaian yang sopan dan bertanggung jawab terhadap peran masing-masing orang dalam masyarakat.

3.     Dalam Berbangsa dan Bernegara
Dengan adanya budi pekerti dalam pribadi setiap manusia di Bumi Pertiwi ini akan lebih membangkitkan rasa kesatuan dan persatuan di Indonesia. Dalam hal ini khususnya kita sebagai umat beragama sangat memerlukan budi pekerti sehingga sikap menghargai dan menghormati dapat kita tunjukkan kepada sesame kita, dan tidak terjadi perpecahan yang mengatasnamakan agama.


Nilai-nilai budi pekerti antara lain meliputi : adil, amanah, antisipasif, baik sangka, bekerja keras, beradab, berani berbuat benar, berpikir jauh ke depan, bersahaja, bersemangat, bijaksana, cerdas, cermat, cinta ilmu, dedikasi, demokratis, dinamis, disiplin, efesien, efektif, empati, gigih, giat, hemat, hormat, hati-hati, harmonis, iman, ikhlas, istighfar, inisiatif, inovatif, jujur, kasih sayang, keras kemauan, ksatria, komitmen, konstruktif, konsisten, kooperatif, kreatif, lapang dada, lemah lembut, lugas, mandiri, manusiawi, mawas diri, menghargai, menjaga, nalar(logis), optimis, patriotik, pemaaf, pemurah, pengabdian, pengendalian diri, percaya diri, produktif, proaktif rajin, ramah, rasa indah, rasa malu, rasional, rela berkorban, rendah hati, sabar, saleh, setia, sopan santun, sportif, susila, syukur, takwa, taat, teguh, tangguh, tanggungjawab, tawakal, tegar, tegas, tekun, tenggang rasa, terbuka, tertib, terampil, tekun, tobat, ulet, unggul, wawasan luas, wirausaha, yakin.
Nilai-nilai budi pekerti di atas mudah untuk diucapkan tapi sulit diamalkan. apabila nilai-nilai budi pekerti tersebut di atas ingin nampak dalam kepribadian sehari-hari memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk merealisasikannya memerlukan manajemen dalam arti memanfaatkan dan memberdayakan segala sumber daya manusia dan benda secara efektif, efesien, kontinyu dan konsisten.


By : Viorensha Flody

                                                                                                        

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar